Generasi Smartphone Layar Fleksibel

Advertisement

Produsen elektronik Korea Selatan LG Electronic telah memproduksi massal smartphone berlayar curved (melengkung) yang telah dirilis akhir bulan November 2013 kemarin. LG elektronic merilis smartphone yang di beri nama G Flex ini demi menyaingi rivalnya Samsung yang telah meluncurkan smartphone berlayar curved (lengkung) pada bulan Oktober, kata unit display LG seperti dikutip dari Reuters.

LG Curved

Pada acara launching smartphone berlayar curved tersebut, Samsung mengungkapkan akan selalu menjadi yang terdepan dalam membuat inovasi perangkat keras di tengah pertumbuhan pasar smartphone high-end yang lambat. Layar curved saat ini sedang dalam tahap awal pengembangan dan memungkinkan desain-desain membengkok atau melipat yang pada akhirnya memungkinkan gadget mobile dan lainnya bisa beralih ke bantuk baru (yang tidak biasa) yang dapat mengubah secara radikal pasar smartphone high end.

Samsung curved

Samsung curved

LG Display mengatakan produksi layar curved top to bottom (melengkung dari atas ke bawah) enam inchi telah dimulai. Di sisi lain, ponsel Samsung juga didesain dengan layar curved side to side (melengkung dari samping ke samping). Awal tahun 2013, Samsung telah memamerkan produk prototipe dengan layar fleksibel yang bentuknya dapat berubah-ubah.

Hingga kini, belum diketahui berapa biaya produksi untuk menghasilkan smartphone curved dengan biaya terjangkau, termasuk panel display yang tipis dan tahan panas. Layar curved telah tersedia pada televisi layar besar yang sudah dijual untuk publik. Samsung dan LG Electronics mulai menjual OLED TV curved tahun ini dengan harga yang dibanderol sekitar 9.000 dolar AS.

Generasi Smartphone Hibrida

Tahun ini sepertinya LG berusaha keras untuk menembus pasar smartphone papan atas demi menyaingi rival Samsung Electronic. Setelah dipercaya kembali memproduksi keluarga terbaru Nexus, ponsel layar lengkung G Flex, dan LG G2, Vendor Korea Selatan tersebut menyiapkan ponsel hibrida dalam waktu dekat, seperti yang di kutip dari dreamersradio.com -.

LG Curved

Smartphone hibrida tersebut memiliki konsep keypad slide-out alias ponsel layar geser. Teknologi layar geser ini mengandung arti pengguna dapat menggunakan papan ketik QWERTY dalam bentuk fisik yang terdapat didalam perangkat tersebut seperti pada generasi smartphone keluaran LG Electronic sebelumnya yaitu LG Optimus Q2 .

LG Optimus Q2

LG Optimus Q2

Tak hanya itu, smartphone misterius ini juga akan menggunakan nama Optimus F3Q. Nama ini memang cukup kontradiktif dengan tren smartphone garapan LG yang seolah tidak ingin menggunakan nama Optimus kembali setelah meluncurkan Optimus G Pro. Sebenarnya, penampakan ponsel yang dibocorkan tersebut bukan termasuk barang baru bagi LG, di mana sebelumnya perusahaan ini pernah menghasilkan ponsel sejenis, begitupun dengan vendor lainnya, seperti BlackBerry dengan seri Torch-nya yang cukup legendaris. Hanya saja, dengan monotonnya pasar ponsel yang hanya diisi oleh desain berkonsep candy bar setahun belakangan ini, kehadiran ponsel misterius itu tentunya akan menjadi penyegaran tersendiri. Meski hingga saat ini fitur dan spesifikasinya belum dibocorkan.

Generasi Smartphone Layar Fleksibel | Admin | 4.5